Sabtu, 08 Juni 2013

Faktor-Faktor yangMempengaruhi Modal Kerja


Faktor-Faktor yangMempengaruhi Modal Kerja
Modal kerja memang sangat penting bagi perusahaan, oleh karena itudalam menentukan besarnya modal kerja yang di butuhkan Menurut Drs. S.Munawir dalam bukunya Analisa Laporan Keuangan (2004:117) dipengaruhi olehbeberapa faktor sebagai berikut :

1.Sifat atau tipe perusahaan
Modal kerja suatu perusahaan dagang relatif lebih rendah bila di bandingkandengan kebutuhan modal kerja perusahaan industri, karena tidak memerlukaninvestasi yang besar dalam kas, piutang maupun persediaan. Kebutuhan uangtunai pada perusahaan dagang untuk membelanjai operasi dapat dipenuhi daripenghasilan aau penerimaan saatitu juga.

2.Waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi atau memperoleh barang yang
akan dijual serta harga per satuan barang tersebut.
Kebutuhan modal kerja suatu perusahaan berhubungan langsung denganwaktu yang dibutuhkan untuk memperoleh barang yang akan dijual maupunbahan baku yang akan diproduksi sampai barang itu dijual. Semakin panjang waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi atau memperoleh barang tersebutsemakin besar pula modal kerja yang dibutuhkan. Disamping itu pula harga pokokper satuan barang itu juga mempengaruhi besar kecilnya modal kerja yangdibutuhkan, Semakin besar harga pokok per satuan barang yang akan dijualsemakin besar pula kebutuhan modal kerja.

3.Syarat Pembelian Bahan Baku
Syarat pembelian bahan baku yang akan digunakan untuk memproduksibarang atau barang dagangan sangat mempengaruhi jumlah modal kerja yangdibutuhkan untuk perusahaan yang bersangkutan. Jika syarat yang diterima padawaktu pembelian menguntungkan, makin sedikit dana yang diinvestasikandalampersediaan bahan baku atau barang dagangan. Sebaliknya bila pembayaran atasbahan atau barang yang akan dibeli tersebut harus dilakukan dalam jangka waktupendek maka uang kas diperlukan untuk membiayai semakin besar pula.

4. Syarat Penjualan
Semakin lunak kredit yang diberikan oleh perusahaan kepada parapembeliakan mengakibatkan semakin besarnaya jumlah modal kerja yang harusdiinvestasikan dalam sektor piutang. Untuk memperendah jumlah modal kerjayang harus diinvestasikan dalam sektor piutang dan untuk memperkecil resikoadanaya piutang yang akan tertagih sebaiknya perusahaan memberikan potongantunai kepada para pembeli, karena dengan demikian pembeli akan tertarik untuksegera membayar utangnya dalam periode diskonto tersebut.

5.Tingkat Perputaran Persediaan (inventory turnover).
Menunjukkan berapa kali persaediaan tersaebut diganti. Semakin tinggitingkat perputaran persediaan maka jumlah modal kerja yang di investasikandalam persediaan semakin rendah. Untuk dapat mencari tingkat perputaranpersediaan yang tinggi maka harus diadakan perencanaan dan pengendalianpersediaan secara teratur dan efisien. Semakin cepat atau semakin tinggi tingkatperputaran persediaan akan memperkecil resiko terhadap kerugian yangdisebabkan penurunan mutu atau karena perubahan selera konsumen, disampingmenghemat ongkos menyimpan dan pemeliharaan terhadap persediaan barangtersebut.

2.1.5Penentuan Besarnya Kebutuhan Modal Kerja
Menurut Prof. Dr. Bamabang Riyanto (2001:64) Dalam bukunya Dasar-dasar pembelanjaan perusahaan terdapat dua faktor yang mempengaruhibesarnaya kebutuhan modal kerja yaitu :
1.Periode perputaran modal kerja merupakan keseluruhan atau jumalah dariperiode-periode yang meliputi jangaka waktu pemberian kredit, lamanyapenyimpanan bahan baku di gudang, lamanya proses produksi, lamanyabarang jadi disimpan digudang dan jangka waktu penerimaan piutang.
2.Pengeluaran kas rata-rata setiap harinya merupakan jumlah pengeluaran kasrat-rata setiap harinya merupakan jumlah pengeluaran kas rata-rata setiapharinya untuk keperluan pembelian bahan baku, bahan pembantu, pembayaranupah dan biaya-biaya lain.


Drs. S. Munawir dalam bukunya Analisa Laporan Keuangan(2004:120)
pada umumnya sumber modal kerja perusahaan dapat berasal dari :
1.Hasil operasi perusahaan, merupakan jumlah net income yang nampak dalamperhitungan rugi laba ditambah dengan depresiasi amortisasi dikurangi denganbagian laba yang diambil atau hak pemilik, jumlah ini menunjukan jumlahmodal kerja yang berasal dari hasil operasi perusahaan. Jadi jumlah modalkerja yang berasal dari hasil operasi perusahaan dapat dihitung denganmenganalisis laporan perhitungan rugi laba perusahaan tersebut. Denganadanya keuntungan atau laba perusahaan dan apabila laba tidak diambil olehpemilik perusahaan tersebut akan menambah modal perusahaan yangbersangkutan.

2.Keuntungan dari penjualan marketable securities (investasi jangka pendek)
surat berharga yang dimilki perusahaan untuk jangka pendek (marketablesecurities atau efek) adalah salah satu elemen aktiva lancar yang segera dapatdijual dan dapat menimbulkan keuntungan bagi perusahaan, dengan adanyapenjualan surat berharga ini menyebabkan terjadinya perubahan dalam unsurmodal kerja yaitu darin bentuk surat berharga menjadi uang kas. Keuntunganyang diperoleh dari penjualan surat berharga ini merupakan suatu sumberuntuk bertambahnya modal kerja, sebaliknya apabila dalam penjualan tersebutterjadi kerugian maka akan menyebabkan berkurangnya modal kerja. Dalammenganalisis sumber-sumber modal kerja yang berasal dari penjualan surat-surat berharga harus dipisahkan dengan modal kerja yang berasal dari hasiloperasi perusahaan.

3.Penjualan aktiva tetap dan aktiva tidak lancar lainnya.
Sumber lain yang dapat menambah modal kerja adalah hasil penjualan aktivatetap dan aktiva tidak lancar lainnya yang tidak diperlukan lagi olehperusahaan. Perubahan dari aktiva ini menjadi kas atau piutang akanmenyebabkan bertambahnya modal kerja. Apabila dari hasil penjualan aktivatetap atau aktiva tidak lancar lainnya tidak segera digunakan untuk menggantiaktiva yang bersangkutan, akan menyebabkan keadaan aktiva lancarsedemikian besarnya sehingga melebihi jumlah modal kerja yang dibutuhkan(adanya modal kerja yang berlebihan).

4.Penjualan Saham atau Obligasi.
Untukmenambah dana atau modal kerja yang dibutuhkan perusahaan yangtelah menjadi emiten dari bursa effek dapat pula mengadakan emisi sahamyang baru atau meminta kepada para pemilik untuk menambah modalnya,disamping itu perusahaan juga dapat mengeluarkan obligasi atau utang jangkapanjang lainnya untuk memenuhi kebutuhan modal kerjanya. Emisi obligasiini mempunyai konsekuensi bahwa perusahaan harus membayar bunga tetap,oleh karena itu dalam mengeluarkan obligasi ini harus disesuaikan dengankebutuhan perusahaan.
Disamping keempat sumber tersebut masih ada lagi sumber lain yangdapat diperoleh perusahaan untuk menambah aktiva lancarnaya (walaupun denganmenambah aktiva lancar tidak menambah modal kerja) misalnya daripinjaman/kredit dari bank dan pinjaman-pinajaman jangka pendek lainnyasertavutang dagang yang diperoleh dari para penjual (supplier).
26
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa modal kerja akan bertambah
apabila ;

1.Adanya kenaikkan sektor modal baik yang berasal dari laba maupun adanya
pengeluaran modal saham atau bertambahnya investasi pemilik perusahaan.
2. Adanya ppengurangan atau penurunan aktiva tetap diimbangiu denganbertambahnya aktiva lancar karena adanya penjualan aktiva tetap maupunmelalui proses depresiasi.
3.adanya penambahan utang jangka panjang baik dalam bentuk obligasi, hipotikatau utang jangka panjang lainnya yang diimbangi dengan penambahan aktivalancar.
Dengan kata lain bahwa modal kereja akan bertambah apabila aktivalancar bertambah dibarengi dengan perubhan pos tidak lancar (non currentaccount).

12 komentar:

  1. Kami adalah Organisasi Kristen dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan, seperti help.So keuangan jika Anda akan melalui kesulitan keuangan atau Anda berada dalam kekacauan keuangan, dan Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau Anda menemukan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal, hubungi kami melalui email hari ini untuk bantuan tersebut (pinjaman, uang start-up): rebaccamorrisloanfirm @ gmail. com untuk Alkitab mengatakan "" Lukas 11: 10 Setiap orang yang meminta, menerima; dia yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu akan dibukakan "jadi jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya. Silakan ini hanya untuk orang-orang yang berpikiran serius dan Allah takut di keuangan kesulitan dan ingin menemukan jalan keluar.

    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________

    Alamat Anda:____________________

    Negara: ____________________

    Kerjamu:__________________

    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________

    Pinjaman Durasi: ____________________

    Pendapatan bulanan: __________________

    Nomor telepon:________________

    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________

    Jika Anda telah membuat pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? di mana perusahaan tersebut berlokasi? .

    BalasHapus
  2. Kami adalah sebuah organisasi yang ditubuhkan untuk membantu orang yang memerlukan
    bantuan, seperti bantuan kewangan. Jadi, jika anda akan melalui kewangan
    masalah, jika anda mempunyai keadaan huru-hara kewangan dan anda memerlukan dana untuk
    memulakan perniagaan anda sendiri atau anda memerlukan pinjaman untuk membayar hutang atau membayar
    bil, memulakan perniagaan yang baik atau anda mendapati sukar
    mendapatkan pinjaman modal dari bank-bank tempatan, hubungi kami hari ini melalui e - mail
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

     "Jadi, jangan biarkan peluang ini berlalu begitu sahaja,
    Anda dinasihatkan untuk melengkapkan dan mengembalikan butiran di bawah ..

    Nama awak: ______________________
    Alamat anda: ____________________
    Negara awak: ____________________
    Tugas anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang diperlukan: ______________
    Tempoh pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nombor telefon: ________________
    Adakah anda memohon pinjaman sebelum: ________________
    Jika anda telah memfailkan pinjaman sebelumnya, di mana anda dirawat dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan kewangan, keadaan huru-hara, dan cabaran
    hubungi REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  3. PINJAMAN UMUM PENAWARAN UNTUK SEMUA (BERLAKU SEKARANG)

    Mencari pinjaman asli? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini !! HELEN WILSON LOAN COMPANY memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. kami menawarkan semua jenis pinjaman termasuk;

      * Pinjaman pribadi
      * Pinjaman usaha
      * Pinjaman untuk peternakan
      * Konsolidasi hutang.
     
    Kami meminjamkan jumlah maksimum 500.000.000,00 dalam mata uang berikut: Dolar Amerika Serikat, Euro dan Pounds Inggris Raya.
    Silahkan hubungi kami melalui e-mail via (helenwilson719@gmail.com)
    Terima kasih.

    BalasHapus
  4. PINJAMAN UMUM PENAWARAN UNTUK SEMUA (BERLAKU SEKARANG)
    Apakah Anda mencari investasi dan pinjaman pribadi? Cari tidak lebih karena Anda berada di tempat yang tepat untuk Solusi Pinjaman Anda Disini! Ibu Helen adalah pemberi pinjaman pinjaman yang perusahaan pinjamannya menawarkan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga rendah dan dengan tingkat bunga 2% yang terjangkau. Silahkan hubungi kami hari ini untuk mendapatkan pinjaman Anda melalui e-mail di (helenwilson719@gmail.com)
    Terima kasih.

    BalasHapus
  5. DO YOU NEED FINANCIAL HELP? 5000$ to 100,000,000.00$
    No credit check
    Repaid over 1 year to maximum of 25 years at a low interest rate of 3%.
    Approval in 15-30 minutes
    Open 7 days a week from 24/7
    Service available nationwide
    E-MAIL - urgentloan22@gmail.com

    BalasHapus
  6. My Brothers and Sister all over the world, I am Mrs Boo Wheat from Canada ; i was in need of loan some month ago. i needed a loan to open my restaurant and bar, when one of my long time business partner introduce me to this good and trustful loan lender DR PURVA PIUS that help me out with a loan, and is interest rate is very low , thank God today. I am now a successful business woman, and I became useful. In the life of others, I now hold a restaurant and bar. And about 30 workers, thank GOD for my life I am leaving well today a happy father with three kids, thanks to you DR PURVA PIUS Now I can take care of my lovely family, i can now pay my bill. I am now the bread winner of my family. If you are look for a trustful and reliable loan leader. You can Email him via,mail (urgentloan22@gmail.com) Please tell him Mrs Boo Wheat from Canada introduce you to him. THANKS

    BalasHapus
  7. Hello Everybody,
    My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

    BORROWERS APPLICATION DETAILS


    1. Name Of Applicant in Full:……..
    2. Telephone Numbers:……….
    3. Address and Location:…….
    4. Amount in request………..
    5. Repayment Period:………..
    6. Purpose Of Loan………….
    7. country…………………
    8. phone…………………..
    9. occupation………………
    10.age/sex…………………
    11.Monthly Income…………..
    12.Email……………..

    Regards.
    Managements
    Email Kindly Contact: (urgentloan22@gmail.com)

    BalasHapus
  8. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Rahim Teimuri Kemala dari Surabaya di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Italia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tidak jatuh karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN KREDIT GLOBAL. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman seperti itu, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Alma bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, Dan setelah itu mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 1% tanpa agunan.

    Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan Dia tidak tahu tentang perusahaan mode.

    Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi

    Nyonya Alma melalui email: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com)

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (rahimteimuri97@gmail.com). Ini adalah ibu yang baik Nyonya Alma WhatsApp Number +14052595662

    Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita

    BalasHapus
  9. Salam ..... Harap Anda semua harus membaca apa yang saya katakan ....
    Biarkan saya perkenalkan dulu diri saya, Nama saya Adhityas Kripsiani, saya berasal dari kota Bandung, saya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Yogyakarta.

    Keinginan saya dan impian tertinggi saya adalah ingin memiliki bisnis atau toko sendiri, tetapi jika Anda hanya mengandalkan gaji Anda, mungkin butuh waktu yang sangat lama di mana biaya sewa dan anak-anak yang telah terakumulasi hanya akan lebih sulit dan jeritan panjang tidak akan terwujud
    Saya mencoba "membuka internet dan saya melihat tulisan orang-orang sukses yang dibantu oleh seorang ulama dari sana saya mencoba untuk menghubunginya, pada awalnya saya terus mengirim sms sampai saya mendapat balasan dari perusahaan yang merupakan awal kesuksesan saya. Jika Anda ingintoget cara mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT MEMBAYAR HUTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI LAINNYA, TANPA KEBUTUHAN RITUAL, CEPAT DLL. melalui bantuan dalam menarik lebih banyak dana oleh ulama di kepala sekolah asrama shohibul Qur'an, dan akhirnya saya mencoba menghubungi Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma dengan kompensasi yang sama untuk impian saya dan untuk membayar utang, terima kasih Tuhan kepada Tuhan yang maha kuasa melalui bantuannya. Sekarang saya membuka usaha distribusi di Bandung.
    Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Irlina Tuty Sartika untuk merujuk saya ke perusahaan pinjaman tempat saya mencapai impian saya sekarang.
    Hubungi ibu yang baik REBACCA ALMA LOAN COMPANY melalui emailnya rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Silakan untuk penjelasan lebih rinci. Anda juga dapat menghubunginya melalui Whatsapp +14052595662
    Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan, hubungi saya melalui email saya adhityaskripsiani@gmail.com.

    Anda juga dapat menghubungi wanita yang merujuk saya ke perusahaan pinjaman yang sah ini Mrs. irlinatutysartika15@gmail.com
    Anda tidak perlu ragu atau tertipu dan dikejar-kejar oleh hutang lagi, sekarang saya membagikan pengalaman yang saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  10. Welcome. BE NOT TROUBLED anymore. you’re at the right place. Nothing like having trustworthy hackers. have you lost money before or bitcoins and are looking for a hacker to get your money back? You should contact us right away. It's very affordable and we give guarantees to our clients. Our hacking services are as follows:
    -hack into any kind of phone
    _Increase Credit Scores
    _western union, bitcoin and money gram hacking
    _criminal records deletion_BLANK ATM/CREDIT CARDS
    _Hacking of phones(that of your spouse, boss, friends, and see whatever is being discussed behind your back)
    _Security system hacking...and so much more. Contact THEM now and get whatever you want at
    Email:Creditcards.atm@gmail.com 

      Whatsapp:+1(305) 330-3282  


    IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED  

    BalasHapus
  11. Welcome. BE NOT TROUBLED anymore. you’re at the right place. Nothing like having trustworthy hackers. have you lost money before or bitcoins and are looking for a hacker to get your money back? You should contact us right away. It's very affordable and we give guarantees to our clients. Our hacking services are as follows:
    -hack into any kind of phone
    _Increase Credit Scores
    _western union, bitcoin and money gram hacking
    _criminal records deletion_BLANK ATM/CREDIT CARDS
    _Hacking of phones(that of your spouse, boss, friends, and see whatever is being discussed behind your back)
    _Security system hacking...and so much more. Contact THEM now and get whatever you want at
    Email:Creditcards.atm@gmail.com 

      Whatsapp:+1(305) 330-3282  


    IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED  

    BalasHapus
  12. Welcome. BE NOT TROUBLED anymore. you’re at the right place. Nothing like having trustworthy hackers. have you lost money before or bitcoins and are looking for a hacker to get your money back? You should contact us right away. It's very affordable and we give guarantees to our clients. Our hacking services are as follows:
    -hack into any kind of phone
    _Increase Credit Scores
    _western union, bitcoin and money gram hacking
    _criminal records deletion_BLANK ATM/CREDIT CARDS
    _Hacking of phones(that of your spouse, boss, friends, and see whatever is being discussed behind your back)
    _Security system hacking...and so much more. Contact THEM now and get whatever you want at
    Email:Creditcards.atm@gmail.com 

      Whatsapp:+1(305) 330-3282  


    IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED  

    BalasHapus