Jumat, 07 Desember 2012

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN
Strategi terdiri atas berbagai elemen, dan dalam hal ini akan dititik beratkan pada elemen-elemen pemasaran. Ada 5 konsep yang mendasari suatu strategi pemasaran, yaitu:
-          Segmentasi pasar
Merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar itu terdiri atas beberapa segmen yang berbeda. Dan dalam setiap segmen terdapat pembeli yang mempunyai :
1.      kebutuhan yang berbeda-beda
2.      pola pembelian yang berbeda-beda
3.      Tanggapan yang berbeda-beda terhadap berbagai macam penawaran

-          Penentuan posisi pasar (market positioning)
Perusahaan berusaha memilih pola konsentrasi pasar khusus yang dapat memberikan kesempatan maksimum untuk mencapai tujuan sebagai pelopor. Segmen pasar dianggap menarik bila mempunyai sifat :
1.      Segmen pasar tersebut cukup besar
2.      Segmen pasar tersebut cukup potensial untuk berkembang lebih lanjut
3.      Segmen pasar tersebut tidak dikuasai oleh pesaing pesaing yang ada
4.      Segmen pasar tersebut masih membutuhkan sesuatu yang dapat dilayani oleh perusahaan
Terdapat 2 strategi dalam penentuan pasar yaitu :
1.      Konsentrasi segmen tunggal : merupakan strategi yang dapat ditempuh perusahaan bila ingin mempunyai posisi yang kuat pada satu segmen saja.
2.      Konsentrasi segmen ganda : merupakan strategi yang dapat ditempuh perusahaan bila ingin mempunyai posisi yang kuat dalam beberapa segmen.
Jadi, pencapaian segmen pasar yang satu dilakukan bersama sama dengan pencapaian segmen pasar lainnya.

-          Strategi memasuki pasar (market entry strategy)
Bererapa cara yang ditempuh perusahaan untuk memasuki segmen pasar yang dituju yaitu dengan :
1.      Membeli perusahaan lain
Factor yang harus dipertimbangkan untuk cara ini: perusahaan yang membeli tidak banyak mengetahui tentang pasar dari perusahaan yang dibeli, dan sangat menguntungkan untuk memasuki pasar dari perusahaan yang dibeli secepatnya.
2.      Berkebang sendiri
Factor penghalang untuk memasuki perusahaan yang berkembang sendiri yaitu : memperoleh hak paten, skala produksi yang paling ekonomis, memperoleh saluran distribusi, menentukan supplier yang paling menguntungkan, biaya promosi yang mahal.
3.      Kerja sama dengan perusahaan lain
Keuntungan yang didapat antara lain : resiko ditanggung bersama-sama, masing-masing perusahaan mempunyai keahlian sendiri-sendiri. Jadi, dapat melengkapi atau saling menutup kekurangan yang ada.

-          Strategi marketing mix
Yaitu kombinasi dari epat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan system distribusi.
1.      Produk
Keputusan tentang produk ini mencakup penetuan bentuk penawaran secara fisik , merknya, pembungkus, garansi, dan servis sesudah penjualan.
2.      Harga
Factor yang perlu dipertimbangkan dalam penetapan harga yaitu : biaya, keuntungan, praktek saingan, dan perubahan keinginan pasar.
3.      Distribusi
Aspek yang pokok berkaita dengan keputusan distribusi yaitu : system transportasi , system penyimpanan, pemilihan saluran distribusi.
4.      Promosi
Yang termasuk dalam kegiatan promosi adalah : periklanan, personall selling, promosi penjualan, dan publisitas.

-          Strategi penentuan waktu (timing strategy)
Apabila perusahaan telah menemukan kesempatan yang baik, kemudian menetapkan tujuan dan mengembangkan suatu strategi pemasaran ini tidak berarti bahwa perusahaan tersebut dapat segera beroperasi.
Perusahaan dapat megalami kegagalan dalam mencapai tujuan apabila bergerak lambat atau malah terlalu cepat.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar