PENGEMBANGAN STRATEGI
PEMASARAN
Strategi
terdiri atas berbagai elemen, dan dalam hal ini akan dititik beratkan pada
elemen-elemen pemasaran. Ada 5 konsep yang mendasari suatu strategi pemasaran,
yaitu:
-
Segmentasi
pasar
Merupakan
dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar itu terdiri atas beberapa segmen yang
berbeda. Dan dalam setiap segmen terdapat pembeli yang mempunyai :
1. kebutuhan
yang berbeda-beda
2. pola
pembelian yang berbeda-beda
3. Tanggapan
yang berbeda-beda terhadap berbagai macam penawaran
-
Penentuan
posisi pasar (market positioning)
Perusahaan
berusaha memilih pola konsentrasi pasar khusus yang dapat memberikan kesempatan
maksimum untuk mencapai tujuan sebagai pelopor. Segmen pasar dianggap menarik
bila mempunyai sifat :
1. Segmen
pasar tersebut cukup besar
2. Segmen
pasar tersebut cukup potensial untuk berkembang lebih lanjut
3. Segmen
pasar tersebut tidak dikuasai oleh pesaing pesaing yang ada
4. Segmen
pasar tersebut masih membutuhkan sesuatu yang dapat dilayani oleh perusahaan
Terdapat 2 strategi dalam penentuan pasar yaitu :
1. Konsentrasi
segmen tunggal : merupakan strategi yang dapat ditempuh perusahaan bila ingin
mempunyai posisi yang kuat pada satu segmen saja.
2. Konsentrasi
segmen ganda : merupakan strategi yang dapat ditempuh perusahaan bila ingin
mempunyai posisi yang kuat dalam beberapa segmen.
Jadi, pencapaian
segmen pasar yang satu dilakukan bersama sama dengan pencapaian segmen pasar
lainnya.
-
Strategi
memasuki pasar (market entry strategy)
Bererapa
cara yang ditempuh perusahaan untuk memasuki segmen pasar yang dituju yaitu
dengan :
1. Membeli
perusahaan lain
Factor yang
harus dipertimbangkan untuk cara ini: perusahaan yang membeli tidak banyak
mengetahui tentang pasar dari perusahaan yang dibeli, dan sangat menguntungkan
untuk memasuki pasar dari perusahaan yang dibeli secepatnya.
2. Berkebang
sendiri
Factor
penghalang untuk memasuki perusahaan yang berkembang sendiri yaitu : memperoleh
hak paten, skala produksi yang paling ekonomis, memperoleh saluran distribusi,
menentukan supplier yang paling menguntungkan, biaya promosi yang mahal.
3. Kerja
sama dengan perusahaan lain
Keuntungan yang
didapat antara lain : resiko ditanggung bersama-sama, masing-masing perusahaan
mempunyai keahlian sendiri-sendiri. Jadi, dapat melengkapi atau saling menutup
kekurangan yang ada.
-
Strategi
marketing mix
Yaitu
kombinasi dari epat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari system
pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan system
distribusi.
1. Produk
Keputusan
tentang produk ini mencakup penetuan bentuk penawaran secara fisik , merknya,
pembungkus, garansi, dan servis sesudah penjualan.
2. Harga
Factor yang
perlu dipertimbangkan dalam penetapan harga yaitu : biaya, keuntungan, praktek
saingan, dan perubahan keinginan pasar.
3. Distribusi
Aspek yang pokok
berkaita dengan keputusan distribusi yaitu : system transportasi , system
penyimpanan, pemilihan saluran distribusi.
4. Promosi
Yang termasuk
dalam kegiatan promosi adalah : periklanan, personall selling, promosi
penjualan, dan publisitas.
-
Strategi
penentuan waktu (timing strategy)
Apabila perusahaan telah menemukan kesempatan yang
baik, kemudian menetapkan tujuan dan mengembangkan suatu strategi pemasaran ini
tidak berarti bahwa perusahaan tersebut dapat segera beroperasi.
Perusahaan dapat megalami kegagalan dalam mencapai
tujuan apabila bergerak lambat atau malah terlalu cepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar