Segmentasi pasar adalah salah satu elemen penting
dalam strategi pemasaran yang akan anda lakukan (bahkan terlalu penting) . Baiklah,
akan saya terangkan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami apa itu
segmentasi pasar. Menurut Hermawan Kertajaya, pengertian segmentasi pasar
adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Anda masih
bingung dengan pengertian segmentasi pasar diatas? Begini, salah satu efek
apabila anda tidak mengetahui siapa segmentasi pasar yang tepat bagi produk
anda adalah apa yang akan anda lakukan dan berapa biaya pemasaran yang sudah
dikeluarkan akan menjadi sia-sia belaka. Walaupun produk anda unik dan
bernilai.
Contoh paling gampang segmentasi pasar adalah
anda jualan mobil BMW (product) dengan harga 750 juta (price) kemudian anda
jual ke pengemis (targeting & segmentation). Walaupun BMW tersebut sudah
anda diskon gila-gilaan sampai 75% (promotion), si pengemis tidak akan membeli.
Kenapa? Karena itu bukan kebutuhan dia. Beda kalau anda jual ke segmentasi
pasar pecinta mobil mewah, akan lain hasilnya. Hal itu juga sama saja dengan
anda jual daging ayam ke segmentasi pasar orang yang vegetarian atau anda jual
sirip ikan hiu ke pasar tradisional yang belum tentu orang yang suka makan
seafood dan yang berkantong tebal datang ke tempat tersebut.
Hasilnya pasti nol besar, walaupun harga sudah
anda turunkan mati-matian sampai ngos-ngosan. Perilaku konsumen-nya berbeda.
Lalu bagaimana cara mengetahui segmentasi pasar? Lakukan riset pasar! Setelah
anda mengetahui siapa target pasar anda, anda akan lebih mudah melakukan
penawaran produk anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar